Sunday 5 February 2017

Perbedaan Switch dan Hub

hai sobat techno kali saya akan membahas tentang perbedaan switch dan hub, kita sering salah paham denagan swich dan hub itu sama tetapi kenyataanya berbeda lo soabat. walaupun dalam penampakan fisiknya hampir sama, tenag jangan stres atau pusing bisa bikin gelagapan tetapi tenang saja saya akan membagikan informasinya di bawah ini :



1.Bekerja Pada OSI Layer yang Berbeda
Hub bekerja pada layer OSI kesatu yaitu layer Physical atau lapisan fisik. tidak berbeda dengan  kabel ataupun siyal wifi. yang hanya menyalurkan data saja. berbeda dengan swicth, switch bekerja pada layer kedua  yautu layer Data Link.

2. Perbedaan Cara Kerja
 carakeja hub hanya menerima dan mengirimkan sinyal-sinyal listrik melalui kabel yang tersambung. sedangkan switch tidak hanya mengirimatau menerima sinyalsajamelainkan juga memproses informasi yang tdi cek berupa mac address dari setiap komputer dan perangkat yang terhubung.









3. Tingkat kehandalan
 meskipun cara kerja hub lebih sederhana dibandingkan dengan switch. namun dalam kwalitas kinerja switch lebih unggul dari hub. dikarenakan switch mempunyai sistem seleksi terhadap semua perangkat atau komputer yang terhubung dengan switch.yang diseleksi oleh switch yaitu berupaMAC Address dari komputer atau perangakat yang terhubung denagnya.
sedangkanhub tidakmemilikikemapamuanyang sama denagn switch. jadi setiap sinyal yang diterima oleh hub  melaui salah satu port. maka akan di kirim secara menyeluruh ke semua port yang ada.ini dikarenakan hub tidak bisamemastikan  kemana tujuan sinyalyangakan di terimanya tersebut. hub hanya bisa menerima dan megirimkan sinyal.

4. kecepatan transfer data 
di karenakan switch bisa menyeleksi terlebih dahulu MAC Address mana yang akan menjadi tujuan. makahal ini menjadi kelebihan switchsaat mengirimkan data dan memiliki kecepatan yang lebih cepat di bandingkan hub. lain dengan hub yang mengirimkan sinyal secara menyeluruh ke semua port yang ada dengan tidak memperdulikan perngkat mana yang menjadi tujuannya.

5. Pengaturan 
hub sama sekali tidak bisa di atur, berbeda dengan switch yang memiliki label manageable bisa diatur untuk memblokir atau mengijinkan komputer mana saja yang boleh tersambung dengan dirinya. switch bisa membagi satu segment jaringan LAN memnjadi dua atau lebih. meski penampakan fisiknya berbeda dalam satu jaringan yang sama, ini sering dikenal sebagai Virtual LAN atau VLAN.

6. Sistem Keamanan Jaringan
ketika data yang dikirim olehhub sampai pada tujuannya pasti data tersebut dalam keadaan uth.namun tidak dengan switch. data yang terkirm tersebut belum tentu utuh. tetapi setiap data paket da ta yang dikirim oleh switch pasti di periksa terlebih dahulu utuk memnastikan data yang terkirim bersifat aman . jadi untuk data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada tujuannya.

7. Harga 
telah di ketahui berbagai macam kelebihan dari switch. seperti  yang sudah di jelaskan di atas. maka tak heran jika harganya switch lebih mahal  di bandingkan hub, dikarenakan switch memilikikemampuan yang lebih lengkap dibandingkan hub


sekian dulu post saya kali ini semoga bermanfaat bagi sobat techno semua. sampai jumpa di post saya selanjutnya terimakasih bagi yang sudah membaca. samapai jumapa,Salam techno...........


baca juga : pengertian dan fungsi router di jaringan
                 pengertian fungsi mikrotik
                 cara ampuh meningkatkan kinerja windows

Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Translate

    Popular Posts

    Powered by Blogger.