Sunday 29 January 2017

Pengertian dan Fungsi Router di jaringan

Jumpa lagi di blog saya kali ini saya akan membagikan informasi pada sobat techno semua tentang Pengertian dan Tugas Router dalam  Jarinagan. jika kita ingin mempelajari ilmu komputer sampai kedetailnya akan sangat panjang dan lebar jika dijabarkan satu  persatu. namun itu jika kita berkeinginan untuk mempelajari sampai ke detailya tidak akan mustahil jika kita semua mau mempelajarinya. salah satu perangkat keras yang akan saya bahas ini mempunyai tugas dan funsinya yang penting dalam jaringan komputer yaitu Router. bagi sobat yang masih awamdengan Router tak perlu khawatir karena saya akan  membahasnya sedikit informasi tentang Pengertian dan Tugas Router dalam jaringan. simak informasinya di bawah ini :


sfy post


  • Pengertian Router : Router adalah perangkat keras yang di gunakan dalam jaringan komputer yang bertugas untuk membagi protocol kepada anggota jarigan yang lainnya. Router dengan sekala jaringan yang luas menawarkan berbagai tingkat fungsional tergantung pada tujuan dan kebutuhan jaringan itu dibuat. dalam pengunaan router sebaiknya haruslah tepat di dalam jarinagn komputer, sehinga sobat harus memahami seluk beluk beluk tentang Jenis dan Fungsi Router. 

  • Fungsi Router dalam umumnya adalah sebagai penghubung antar dua jarigan atau lebih untuk meneruskan data dari suatu jarigan ke jaringan yang lain. Namun Router berbeda dengan Switch dikarenakan switch hanya digunakan dalam lingkup area local yang dihubungan melalui kabel LAN. sedangkan Router digunkan untuk  menghubungkan atar satu jaringan LAN dan Jaringan LAN yang lain.
Jenis-jenis Router

  1. Router Aplikasi  adalah aplikasi yang bisa kita install dikomputer kita , sehingga komputer kita bisa memilkiki kemampuan seperti Router pada umumnya Berikut salah beberapa contoh aplikasi Router : Winroute, Wingate, Spygate, Winproxy dan lain-lain.
  2. Router Hardware adalah sebuah hardware yang telah dirancang untuk memiliki kemampuan untuk mengatur jaringan seperti membagi IP Address, Router hardware tersebut dapat di gunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu topologi jaringan.
  3. Router Pc  adalahsebuah komputer yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehinga dapat di jadikan sebuah Router. untukmembuat sebuah Router PC tidak perlu mengunkan PC yang berspesifikasi tinggi  hanya dengan prosesor yang setara dengan pentim 2 suadah bisa dan hard drive berkapasitas 10 GB dan juga RAM 64 MB serta memiliki LAN Card sudah bisa digunakan sebagai Router  dan sistem oporasi yang populer digunakan adalah Mikrotik.
sampai disini dulu post saya kali ini semoga bermanfaat bagi semua sobat techno yang telah membaca saya ucapkan terima kasih.dan sampai jumpa lagi di post saya berikutnya salam techno.

Baca Juga :  Pengertian & Fungsi Mikrotik
                     Cara Ampuh Meningkatkan Kinerja Windows
                   

Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Translate

    Popular Posts

    Powered by Blogger.