Wednesday 21 December 2016

CARA AMPUH MENINGKATKAN KINERJA WINDOWS 7

  Kali ini saya akan membagikan tips & trik CARA AMPUH MENINGKATKAN KINERJA WINDOWS 7. mungkin banyak dari sobat yang masih menggunakan windows 7 ini bukan, meskipun windows sudah mengeluarkan versi terbarunya yaitu windows 10. mungkin ini dikarenakan windows 7 memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi terbarunya. bagi sobat yang masih setia dengan windows 7 dan ingin memaksimalkan kinerja windowsnya. langsung saja akan saya bagikan dibawah ini, seperti dibawah ini caranya :





    1. Free Up Disk Space
Dengan menggunkan disk Clesnup  ini brtujuan untuk memberikan free space hardisk akan bertambah. dengan cara menghapus file sampah yang terdapat di hardisk sobat. sobat dapat memilih file yang akan dihapus. disk cleanup ini memiliki tujuan, sebagai berikut :
  • Menghapus temporary internet file (History Internet File)
  • Menghapus beberapa file program download 
  • Menghapus Recycle Bin
  • Menghapus file windows temporary
  • Menghapus windows component-optional
  • Menghapus program-programinstaller
  • menghpus restore point yang tidak di gunakan dari shadows copies dari system restore
Tips : biasanya, File-file internet temporary sering  mengambilpaling banyak space karena menyimpan file cache  pada saat sobat browsing di Internet mengunakan browser.



  • Cara Menggunakan Disk Cleanup :
1. klik Start  -->  All Programs --> Accessories --> System Tolls --> Disk Cleanup
jika sobat memiliki beberpa drive, sobat mungkin akan di minta untuk memilih disk mana yang akan sobat bersikan.
2.di Disk Cleanup dialog box,sobat bisa sroll kebawah  untuk memilih file-file mana yang akan kita hapus. DiskCleanup akan menghitung berapa banyak free space yang tersedia.

3. ceklist / unckeklit file-file mana yang ingin sobat hapus kemudian Klik OK.

        2. Disk Defragmention 
fragmentasi disk mungkin bisa memperlambat kinerja komputer.dikarenakan ketika file di fargmentasi, sehinnga komputer harus mencari dihardisk dan saat file dibuka untuk mengembalikan potongan file-file, sehingga waktu yang dibutuhkanakansemakin bayak.

Disk defragmenter adalah utility dari bawaan windows yang mengkonsolidasikan suatu ruang pada hardisk sehingga file sobat  tersimpan dan tertata rapi tanpa fragmentasi, sehingga membaca dan menulis di hardisk akan lebih cepat.



  • Cara Mejalakan Disk Defragmenter :
  1. Klik Start ---> Search program and file ---> ketik Disk Defragmenter ---> pilih Disk Defrangment.
  2. setelah terbuka pilih disk/partisi yang akan sobat eksekusi kalau sudah klik Analyze disk dibagian bawah sebelah kiri.

Tips : sobat bisa menganalisis sebuah drive sebelummelakukan defragment untuk memestkan berapa lama waktu yang di beutuhkan saat proses defragment sedang berjalan.

      3. Repair Disk Errors
selain menjalankan Disk Cleanup & Disk Defragmenter untuk mengoptimalkan kinerja komputer sobat juga bisa bisa memeriksa integritas file pada hardisk dengan menjalankan Utility Check Disk. saat sobat menggunakan komputer akan otomatis juga menjankan hardisk, di hardisk ini ada satu penyakit yang sering dialami oleh hardisk ya itu adalah bad sector. penyakit bedsector ini dapat mengagu dan memperlambat kinerja hardisk dan sulit menyimpan file Utility repair disk system file, untuk melihat  apakah file tertentu atau folder yang salah. jika sobat dalamkegiatan sehari-hari  mengunakan komputer sobat biasa menjalnkan utility ini sminggu sekali untuk membantu mencegah terjadinya bad sector.



  • Cara Menjalankan Utility Check Disk :
1. klik kanan Local Disk (C:) --> klik Properties--> klik tabTools --> klik bottom Check Now .
  

2. sobat bisa check list automatically fix file system errors dan scan for and attempt recovery of bad sector untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada hardisk sobat.

     4. Melindunggi Komputer Kita dari Serangan Spyware
Spyware adalah program yang dirancang untuk memata-matai sobat  program ini berjaln tanpa meminta ijin dari sang pemilik alias secara diam diam. biyasanya programini darisitus web yang anda kunjungi utuk memasukan username dan password, spyware dapat mengambil informasi rahasia pada kompueter sobat.selain itu spyware juga dapat i,amengahmbat kinerja komputer sobat untuk mencegah dari masalah  spyware ini sobat bisa menggunakan Microsoft Security Essential dan juga  PC Safety Scan from Windows Live One Care yang biasa sobat unduh secara gratis.

  5. Ready Boost
adalahsbuah konsepbaru yang terdapat Windows Vista & Windows 7 dalam menambahkan memory untuk system operasi yan terinstal di koputer sobat dengan menggunakan flash memory non-volatile seperti flash drive USB yaitu untuk meningkatkan kinerja komputer tanpa harus menambah memory tambahan pada komputer sobat.



  • Cara Menjalankan Redy Boost USB :

1. klik kanan UDB Drive --> klik Propertoes --> pilih tab Readyboost.



2. pilih Use this device, tentukan berapa kapasitas USB kita dijadikan Readyboost USB.
3. pilih Apply.

mudah bukan ! silakan sobat coba dikomputer sobat atau sobat bisa membagikan informsi ini kepada orang lain agar ilmu yang kita dapat hari ini bisa bermanfaat. 
semoga tips & trik saya berguna dan membatu bagi seluruh umat, sekian dulu posts saya hari ini saya ucapkan terima kasih. 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Translate

    Popular Posts

    Powered by Blogger.